Selasa, 31 Mei 2011

Game Engine

0 komentar

Definisi Game Engine
Game Engine adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan mendukung segala keperluan dalam membangun atau mendevelop suatu game atau simulasi game. Di dalam mesin game ini terdapat fungsi yang dapat digunakan untuk proses rendering, physical engine, atau collision detection, sound and video, script, animasi, pencahayaan, dll. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. Fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Tipe – tipe Game Engine
1.      Roll-your-own game engine
Biasanya, game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar tersedia gratis, juga memperbolehkan mereka, para developer, lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahannya, banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya. Menara Games Studio membutuhkan satu tahun penuh untuk menyempurnakan game engine nya, hanya untuk di tulis ulang semuanya dalam beberapa hari penggunaan karena adanya bug kecil yang sangat mengganggu.
2.      Mostly-ready game engines.
Biasanya game engine semacam ini memiliki batasan batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi terlalu banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis, dan masih memungkinkan game engine nya itu sendiri untuk mengoptimalkan kinerja game nya. Banyak dari game engine seperti ini, Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya, yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Hal ini dengan serta merta menyingkat sangat banyak waktu dan jelas, biaya dari para Developer game.
3.      Point-and-click engines.
Engine untuk point-and-click merupakan engine yang sangat amat dibatasi, tapi dibuat sangat user friendly. Kamu bahkan bisa mulai membuat game mu sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget. Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan, dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis, hingga tata suara.
Beberapa contoh jenis game engine :
1. Freeware game engine/open source game engine
a)       Blender
b)      Golden T Game Engine (GTGE)
c)       DXFramework
d)      Ogre
e)       Aleph One
f)        Axiom Engine
g)       Allegro Library
h)      Box2D
i)        Build Engine
j)        Cube
k)      Cube 2
l)        DarkPlaces
m)    jMonkeyEngine (jME)
n)      Panda3D
o)      Sphere
2. Commercial engines/game engine berbayar (komersial)
a)       Alamo
b)      A.L.I.V.E
c)       BigWorld
d)      DXStudio
e)       Dunia Engine
f)        Euphoria
g)       GameStudio
h)      Jade Engine
i)        Jedi
j)        Medusa
k)      RPG Maker VX
l)        RPG Maker XP
m)    RPG Maker 2003
n)      RPG Maker 95
o)      Vision Engine

Apa sie bedanya antara game engine yang berbayar dan tidak berbayar??? Berikut ini saya akan menjelaskannya.
Game engine tidak berbayar contohnya BLENDER
a.       Kelebihan
Blender adalah game engine yang terintegrasi dan mungkin freeware atau tidak berbayar tentunya. Blender dapat menbuat game tanpa program game lainnya, karena blender mempunyai game engine sendiri yaitu python sebagai bahasa pemrograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C atau C++. Blender menggunakan OpenGL sebagai render grafiknya yang data digunakan pada berbagai macam OS seperti windows, linux dan mac OS x. Kemampuan lainnya adalah dalam menggunakan animasi sebagai alat untuk membuat model.
b.      Kekurangan
Blender kekurangannya tidak banyak, salah satu kekurangannya adalah gui pada blender tidak begitu mudah untuk dimengerti. Gui pada blender sulit dipelajari.

Game engine berbayar contohnya RPG Maker VX
a.       Kelebihannya
Game engine ini mudah digunakan, tidak perlu repot mencari script nya. Greaphic dan effectnya sangat bagus dan semakin lama semakin banyak sourcenya di internet sehingga memudahkan pemakai untuk mengoleksi yang pemakai bunuhkan.
b.      Kekurangannya
Game engine ini lumayan rumit dan pemakai harus membiasakan diri untuk menggunakan bahasa pemrograman tersebut tampilannya kurang menarik.


Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_game_engines
http://www.gamexeon.com/forum/article/37197-game-engine-apaan-sih.html