Senin, 23 November 2009

open source


Apa ci open source itu????


Pengembangan software berbasiskan open source, saat ini telah menjadi suatu fenomena tersendiri. Model ini telah berkembang sejak awal mula perkembangan teknologi komputer, namun kini telah menjadi semakin populer terutama berkat pemakaian Internet di berbagai bidang. Banyak software-software yang mendukung Internet merupakan software open source. Gema open source pun telah sampai hingga Indonesia, terbukti dengan mulai munculnya proyek-proyek yang bersifat open source, berkisar dari proyek pengembangan software hingga pembuatan dokumentasi. Perkembangan ini tentu saja sangat membanggakan. Namun demikian pengembangan software berbasiskan open source di Indonesia masih memiliki banyak hambatan yang sewaktu-waktu dapat mengancam kelangsungannya, oleh karena itu diperlukan langkah-langkah yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk mengatasinya.


Saat ini, orang-orang banyak sekali yang menggunakan opensource dan hampir semua kebutuhan aktivitas TI telah terpenuhi, dari mulai sistem operasi seperti Unix/Linux dengan berbagai varian distro, dan juga berbagai aplikasi menarik lainnya mulai dari aplikasi perkantoran, multimedia, desain grafis, networking, game, dan lain sebagainya.

OpenSource adalah program ‘basi’, itu dulu lhoooo, tapiii sekarang, program opensource akhir-akhir ini menawarkan berbagai fitur yang sangat baik dari segi tampilan, kehandalan, keamanan, tidak kalah dibanding dengan program-program yang berbayar. Hal ini terjadi karena semakin besarnya dari para programer diseluruh dunia dalam meramaikan jagat opensource, mereka bahu membahu saling melengkapi ,memperbaiki dan mengembangkan sehingga diharapkan opensource tidak hanya sebagai alternatif tapi akan menjadi program yang favorit.

Coba deh kalian bayangkan buat orang-orang yang memilih jurusan desain grafis dan mereka mengedit photoshop yang istilahnya sering dikenal dengan “The gimp” mereka bisa menggunakan program tersebut tanpa harus membayar uang sepeser pun. Apalagi di “the gimp” kita bisa mengotak-atik dengan menambahkan misalnya kuas setelah itu kita juga bisa menyebarkan hasil yang kita buat ke teman-teman kita. Sehingga karya kita bisa dilihat oleh banyak orang..Waaahhhhh pasti enak bangetttt kannnn…….

Apalagi buat para remaja-remaja yang maunya pada gratisan getooo dehhhh…. hehehe…..

Keunggulan-keunggulan menggunakan opensource

· Meningkatnya reliabilitas

· Meningkatnya keamanan

· Merasa lebih nyaman

Beberapa contoh software berbasiskan opensource

♥ Sendmail

♥ DNS dan BIND

♥ software-software GNU,contohnya kompiler GCC,editor emacs

♥ linux

♥ Perl dan PHP

Manfaat opensource bagi indonesia
Bagi Dunia Pendidikan

Dengan adanya open source maka pelajar, mahasiswa ataupun pendidik tidak lagi mempelajari sesuatu secara teoritis namun mereka pun dapat mempraktikkannya. Sebagai contoh dalam bidang ilmu komputer, pada saat mempelajari mata kuliah Sistem Operasi, maka mahasiswa dan dosen dapat secara bersama-sama mempelajarinya dengan cara mengupas secara tuntas Sistem Operasi GNU/Linux ataupun sistem operasi open source lainnya, sehingga mahasiswa dan dosen tidak hanya tahu teori, namun juga tahu penerapannya dalam dunia nyata. Kemudian dengan menginstalasi sistem operasi open source, misalnya GNU/Linux, seseorang umumnya telah memperoleh aplikasi-aplikasi yang cukup lengkap, sehingga ia tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membelinya.
Bagi Dunia Bisnis

Dengan memanfaatkan program-program open source, dunia bisnis akan memperoleh manfaat yaitu rendahnya biaya instalasi program, reliabilitas yang tinggi, keamanan yang tinggi, sehingga total cost of ownership-nya menjadi rendah. Dunia bisnis sangat memerlukan program yang bereliabilitas tinggi, karena kegiatan-kegiatan dunia bisnis telah amat tergantung pada komputer dan kesalahan kecil akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Bagaimana jadinya jika server yang digunakan untuk menangani web page harus di-reboot satu minggu sekali ?

Selain itu dengan menggunakan program-program open source maka perusahaan tidak perlu terikat pada satu vendor, baik vendor hardware maupun software. Jika perusahaan menemui permasalahan, ia dapat menghubungi pembuat program ataupun mencari perusahaan-perusahaan jasa untuk menangani masalah tersebut.
Bagi Pemerintah

Seiring dengan makin berkibarnya tuntutan akan otonomi daerah, maka penggunaan program-program open source patut menjadi pertimbangan dalam perencanaan sistem informasi pemerintahan. Dengan menggunakan program-program open source, anggaran yang dibutuhkan relatif lebih rendah dibandingkan dengan program-program closed source dengan tingkat reliabilitas dan keamanan yang lebih tinggi. Selain itu dengan memanfaatkan program-program open source pemerintah dapat mendukung perkembangan teknologi informasi di daerahnya dan juga dapat memberikan kesempatan kerja pada masyarakat. Dengan tersedianya kode sumber maka pemerintah dapat memastikan bahwa program yang digunakannya tidak memiliki suatu backdoor ataupun trojan horse yang dapat membahayakan pemanfaatannya dalam bidang yang sensitif, seperti bidang pertahanan keamanan.

Hal-hal yang menjadi penghambat opensource

Þ Hukum dan keamanan

Þ Kurangnya masyarakat mengenai opensource

Þ Kemudahan bagi masyarakat awam

Þ Sulitnya memperoleh software-software opensource

Þ Belum adanya dukungan dari dunia pendidikan

Þ Belum adanya dukungan dari pihak pemerintah

Opensource keren kannnnn……. ayo cepetan kalian-kalian harus mencoba….!!!! Untuk sistem operasi bisa menggunakan varian distro linux seperti ubuntu,openSuse,PC linux OS yang keberadaannya semakin populer, sedangkan urusan perkantoran percayakan pada open office.

0 komentar:

Posting Komentar