Rabu, 23 Desember 2009

ABOUT koMputer


Sejarah komputer kaya gimana sihh???

Pada prinsipnya komputer sama saja dengan alat hitung. Persoalan hitung menghitung sudah dikenal oleh bangsa yang hidup beribu-ribu sebelum masehi,pada waktu itu belum ada pengertian tentang angka dan mereka juga belum kenal tulis menulis seperti sekarang ini. Di era teknologi informasi dan komunikasi yang pesat sekarang ini, komputer termasuk salah satu peranti "wajib'' yang tak dapat diabaikan. Kini peranti yang pada dasarnya hanya untuk membantu proses berhitung (to compute) ini telah sangat ampuh dan multiguna. Merampungkan pekerjaan kantor, menikmati musik dan film, hingga nge-game dapat dilakukan menggunakan alat ini. Begitu pula menjelajah internet dan bertukar data antar pengguna yang terpisah jarak ribuan kilometer.
Pada tahun 1617 John Napiar dari scotlandia menemukan cara menghitung menggunakan tabel bujur sangkar terdiri dari 9x9 kolom masing-masing berisikan 1-9 angka yang biasa disebut NAPIER’S BONES.
Pada tahun 1642 Pascal menciptakan mesin hitung mekanis dikenal dengan PASCAL’S ARITHMETIC MACHINE. Alat hitung ini berupa-berupa lempengan-lempengan bundar yang mempunyai angka 0-9. Alat ini untuk memutar lempengan yang berisi angka-angka tersebut.

CARA kerja komputer ???

Suatu sistem komputer merupakan gabungan dari beberapa peralatan komputer yang saling berhubungan dan terkoordinasikan oleh suatu sistem operasi. Sistem komputer bekerja sesuai dengan intruksi-intruksinya yang diberikan padanya melalui bahasa pemograman yang dikenalnya. Dalam suatu sistem yang berfungsi untuk menerima dan memasukkan dat dan intruksi disebut input device. Data yang dimasukkan melalui input device ini akan ditampung dalam suatu peralatan komputer yang disebut memory atau storage. Data yang telah berada dalam storage oleh suatu bagian komputer yang kita sebut cpu,cpu ini terdiri dari control unit dan arithmatic logical unit,proses data serta perhitungan – perhitungan yang dilakukan oleh arithmatic logical unit dalam bahasa pemograman. Setelah proses dan perhitungan maka akan di keluarkan melalui output device.

Tugas-tugas yang dilakukan komputer
a. Problema dan data digunakan untuk memecahkan persolan yang dikerjakan
b. Intruksi/program yaitu suatu bahasa yang dapat diterjemahkan oleh kompilator ke dalam bahasa mesin sehingga komputer dapat di mengerti
c. Alat perantara atau input media yaitu intruksi yang sudah dinyatakan dalam bahasa dan disampaikan kepada pelaksana tugas melalui alat perantara (media),alat perantara itu disebut media.

Tiga syarat mengolah data:
a. Kumpulan data/input yang akan diolah
b. Prosedur pengolahan atau processing yang telah direncanakan
c. Hasil/output yang diinginkan untuk melakukan tindakan-tindakan selanjutnya.



Pembagian software apa ajaa yaa??

A.Word Processing
Word Processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.
B. Desktop Publishing
Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah. sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Page Maker.
C. Program Speadsheet
Merupakan program-program yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh:Microsoft Excell,Lotus Improv.
D.Database Management System
Salah satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.
E.Graphics
Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar me menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer mudah diubah dan diolah. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio.
F.Program Akuntasi
Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting.
G.Program Statistik
Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contoh : SAS, SPSS, Statisca.
H.Communication
Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk.
I. Multimedia
Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Microsoft Video.
J.Game
Game merupakan program untuk permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia.
K.Antivirus
Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendetekdi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG

Nb: mungkin itu yang bisa gw jelasin di blog ini..
Walaupun agak rumit ci..
N panjang2 bgt pengertian dari masing2 bagian2 software nya..
Mungkin tanpa computer n bagian2nya kita tidak bisa mengakses suatu komunikasi.

0 komentar:

Posting Komentar