Kamis, 29 September 2011

Tugas Pengantar Bisnis Informatika


Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan. Sekarang ini dunia bisnis sedang berkembang pesat baik itu bisnis makanan, minuman, baju, atau accessories lainnya asal kita mempunyai modal yang cukup untuk memulai bisnis tersebut dan mempromosikannya dengan baik maka bisnis tersebut akan cepat berkembang dengan baik. Contoh nya seperti yang lagi popular saat ini yaitu bisnis keripik Maicih hanya dengan sebuah keripik yang pedas tetapi bisa membuat orang penasaran dan ingin mencobanya.
Sampai ia membuat webnya khusus untuk membahas keripik Maicih yaitu www.maicih.co.id/  web tersebut digunakan agar orang-orang bisa melihat info-info tentang keripik Maicih, di bawah ini adalah gambar web yang ngebahas tentang keripik Maicih.

Disini saya akan membahas sedikit tentang web keripik Maicih. Maicih dibuat oleh seorang pria yang bernama Reza Nurhilman yang akrab disapa AXL29. Maicih juga baru didirikan pada pertengahan tahun 2010 di Bandung tepatnya tanggal 29 Juni.  Reza memasarkan Maicihnya  melalui dunia internet yaitu twitter dan chatting. Akun Maicih pun dibuat oleh Reza  yang bernama @infomaicih. Sehingga orang-orang dapat memfollow twitter tersebut agar mengetahui Maicih sedang berjualan di daerah mana. Reza  juga membuat distributor atau sistem jenderal untuk membantu menjualkan Maicih tersebut.
Maicih saat ini sangat berkembang pesat melalui jejaring sosial yaitu twitter. Karena Maicih ini mempunyai suatu keunikan dari rasa yang sangat pedas, dengan aroma rempah, gurih akan membuat lidah berputar-putar. Rasa pedas yang luar biasa yang ditawarkan, keripik ini hingga mendapat julukan "keripik setan". Keripik super pedas ini ada tiga jenis, yaitu Keripik Singkong, Seblak dan Gurilem, dan di masing-masing jenis itu terdapat level kepedasan tertentu yaitu dari level 1 sampai level 10 yang paling pedas. Keripik Maicih ini di jual dengan harga satuannya Rp 15000. Tak hanya rasa yang super pedas itu, keripik satu ini mempunyai keunikan tersendiri dalam menjualkan dagangannya, yaitu dengan cara misterius. Mereka menjual dengan cara "bergentayangan"(istilah beredar dari maicih).
Maicih memang menggiurkan. Maicih kini sudah memiliki 80 jenderal hampir di 50 kota. Produksinya pun mencapai 100 ribu bungkus per pekan. Siapa yang tidak tertarik menjadi jenderal dengan potensi pasar yang besar dan nama yang melejit. Tapi ternyata banyak pula yang memanfaatkan nama Maicih. Menurut Reza, banyak oknum yang menjual Maicih secara ilegal. Penjual ilegal tersebut terkadang berasal dari konsumen yang membeli Maicih dalam jumlah banyak. "Lalu menjual kembali, sayangnya harganya tidak sama," kata dia. Akibatnya, merusak pasar. Keripik Maicih resmi yang dijual Reza bisa dilihat pergerakan jenderalnya dari akun Twitter @infomaicih.
 Di dalam web Maicih ini juga menjelaskan komposisi dari keripik Maicih yang terdiri dari singkong, bawang merah, bawang putih, minyak sayur, cabai rawit, garam. Kemudian ada juga komposisi dari Gurilem dan Seblak. Lalu terdapat beberapa berita seperti penerimaan jenderal terbaru bagi orang-orang yang berminat sebagai salah satu distributor untuk menjual Maicih  dan juga terdapat  nama-nama jenderal yang sudah terdaftar. Pada web ini juga terdapat galery yang berisi beberapa foto orang-orang yang sedang menikmati dahsyatnya keripik maicih.
Menurut saya bisnis penjualan  Maicih ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya disini adalah rasa keripik Maicih yang sangat unik yaitu dengan rasa pedasnya sehingga orang-orang penasaran dengan rasanya, kemudian cara berjualannya yang unik juga yaitu dengan menggunakan akun Twitter yang di gunakan untuk mengetahui info-info  para jenderal yang sedang berjualan. Sedangkan kekurangannya menurut saya bisnis Maicih ini tidak mempunyai stan/toko sendiri untuk menjual produknya, karena tidak semua orang memiliki akun twitter dan bisa menggunakan teknologi internet, padahal keripik ini bisa di nikmatin oleh semua orang. Mungkin saran saya semoga saja Maicih bisa mengeluarkan produk baru yaitu dengan rasa yang manis agar orang-orang yang tidak suka pedas apalagi anak kecil bisa menikmati keripik tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar