Sabtu, 19 November 2011

E-ticketing


1.    Pengertian E-ticketing
 
Teknologi saat ini semakin pesat dan berkembang. Saat ini ada sebuah sistem bisnis untuk pemesanan tiket secara online seperti tiket pesawat, tiket kereta api, dll. Jadi dengan system bisnis tersebut kita tidak perlu mengantri yang panjang untuk mendapatkan tiket tersebut. Orang-orang biasa mengenal system tersebut dengan e-ticketing. E-ticketing adalah suatu cara untuk mendokumentasikan proses penjualan dari aktifitas perjalanan pelanggan tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik ataupun paper ticket. Semua informasi mengenai electronic ticketing disimpan secara digital dalam sistem komputer milik airline. Sebagai bukti pengeluaran E-Ticket, pelanggan akan diberikan Itinerary Receipt yang hanya berlaku sebagai alt untuk masuk ke dalam bandara di Indonesia yang masih mengharuskan penumpang untuk membawa tanda bukti perjalanan.

            Sejalan dengan perkembangan teknololgi informasi, internet kini muncul sebagai alternative system distribusi informasi travel. Internet merupakan medium yang sempurna untuk menjual paket perjalanan, karena internet sanggup membawa jaringan supplier yang luas dan basis kostumer yang besar ke sebuah market place terpusat. E-Ticketing sistem untuk memudahkan orang untuk membeli tiket untuk berbagai acara semua dari satu situs web. Tiket dapat dibeli dengan cara ini dengan uang tunai, cek atau kredit / kartu debit. Orang tanpa akses ke internet dapat memesan tiket melalui internet publik di terminal atau perpustakaan di Pusat Informasi dan Visitor Centre.
Siapapun dapat membeli tiket pada sistem online. Kita harus mendaftar pada sistem pembayaran untuk menggunakan sarana. Ini adalah proses yang sangat sederhana dan membantu kita menyimpan data setelah membeli tiket. Promoters memiliki daerah aman pada situs e-tiket di mana mereka dapat memantau penjualan dan mencetak off daftar orang-orang yang memesan untuk menghadiri acara mereka. Kita harus mendaftar sebelum kita mulai untuk menjual tiket. Proses pendaftaran untuk meminta informasi mengenai rincian kontak pribadi serta rincian dan kelompok masyarakat yang harus membayar tiket pendapatan. Proses pendaftaran juga memerlukan kita untuk menerima syarat dan ketentuan untuk penjualan tiket on-line.

1.    Langkah-Langkah Menggunakan E-ticketing
Dalan proses e-ticketing terdapat beberapa cara untuk mempermudah pemesanan tiket secara online, diantaranya :
a.    Reservasi
Pada proses reservasi ini kita bisa memesan ticket dan memilih tempat sesuai dengan kita inginkan.
b.    Menghubungi  Call Center
Jika informasi pada web kurang jelas, kita bisa menghubungi call center pemesanan ticket yang tercantum pada web tersebut. Call Center ini akan menjamin keamanan saat memasukkan nomor credit card. Terjamin semua informasi kita akan disimpan dengan rapi dan aman
c.    Pembayaran
Dengan mengutamakan kemudahan, kita dapat melakukan proses pembayaran melalui ATM, serta credit card.

2.    Kelebihan E-ticketing
  • Mengurangi biaya yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket tiket ke pembeli.
  • E-Tiket selamat dan aman. Barcode validasi menghilangkan kemungkinan palsu dan duplikat tiket.
  •  Tidak perlu menunggu surat atau menunggu di baris di acara tersebut. Pelanggan dapat mencetak tiket elektronik mereka segera setelah mereka membelinya. 
  • E-Tiket menyediakan ruang untuk tambahan informasi seperti peta jalan, arah, dan lain informasi pelanggan Anda mungkin perlu tahu. 
  • E-Tiket menyediakan kemampuan unik periklanan.

3.    Kekurangan E-ticketing
  • Tidak semua orang mengerti tentang internet artinya belum bisa mengoprasikan internet itu sendiri. 
  • Keterbatasan pihak yang bersangkutan dalam memasarkan tiketnya secara online.
  • Belum semua orang mengetahui tentang bagaimana caranya memesan tiket secara online. 
  • Belum semua orang mengetahui dan paham betul tentang e-ticketing.


0 komentar:

Posting Komentar