Rabu, 24 Maret 2010

Electronic Mail (e-mail)


Pada zaman dahulu teknologi belum terlalu berkembang di bandingkan dengan zaman sekarang. Dari cerita mama dan papa saya kalo orang-orang zaman dulu susah sekali untuk berkomunikasi dengan orang lain menggunakan teknologi. Jadi untuk berkomunikasi sama orang lain zaman dulu masiih menggunakan surat-menyurat atau pun berkunjung langsung ke rumah nya bila rumah nya tidak terlalu jauh. Tetapi sekarang sudah berubah semua zaman dulu orang belum terlalu tau dengan kata “internet” tetapi sekarang orang-orang sudah tidak asing lagi untuk dengar kata “internet”. Dan sekarang ini tidak susah lagi untuk berkomunikasi dengan orang lain dan kata surat-menyurat sudah jarang didengar untuk berkomunikasi. Didalam aplikasi internet sudah dikenal dengan nama e-mail dan dengan e-mail bisa menjadi pengganti dari surat-menyurat tersebut.
Electronic mail atau sering disebut dengan e-mail itu sendiri dapat diartikan sebagai sarana komunikasi yang cukup handal dengan pengiriman yang sangat cepat dan untuk penerima dan pengirim nya tidak perlu berkomunikasi secara langsung. Dengan e-mail ini kita tidak perlu lagi menyediakan selembar kertas dan sebuah pulpen untuk menulis surat kepada orang lain dan tidak perlu lagi untuk menaruh surat di kotak pos atau langsung diantar ke kantor pos untuk mengirim surat tersebut. karena mail ini akan dikirim dengan menggunakan protocol=protocol tertentu dan dilakukan oleh Massage Transfer Agent (MTA). Dan untuk membaca e-mail tidak perlu menunggu lama karena user menggunakan user againt yang disebut dengan mail reader seperti: pine,elm,PC-EUDORA, dan sebagainya.
       Macam-macam e-mail pun banyak jenis nya yang sering digunakan yaitu;
? Client Server E-mail
       Client server e-mail ini lebih sering digunakan di perusahaan-perusahaan dengan menggunakan satu mail server dan user mengakses dari workstation masing-masing. Cirri nya yaitu dengan adanya pengisian mail server nama di propertiesnya, contohnya seperti di PSN : PSN_server01. Program yang digunakan server tersebut biasanya menggunakam Microsoft exchange atau Microsoft outlook.

? Pop Server E-mail
Pada perusahaan-perusahaan mail server yang dimiliki kantor bisa juga menggunakan server lain selain client server. Di server ini yaitu sebuah service yang namanya adalah POP. Pop ini digunakan untuk memberikan nama server sebagai tempat menampungnya mail tersebut. contohnya bila di PSN adalah: Mail.psn.co.id. program yang biasa digunakan adalah Eudora,internet mail,outlook express dan netscape messenger.

? Browser e-mail
e-mail ini digunakan dengan membuka sebuah homepage yang menyediakan free e-mail. Contohnya seperti hotmail,yahoo atau i-name. program yang digunakan pada e-mail ini yaitu netscape atau the internet.

Gimana mudah banget kan dengan menggunakan e-mail itu serba praktis dan simple, apalagi zaman sekarang orang-orang pasti maunya lebih praktis,mudah dan simple termasuk saya juga siee,,,, hehehe J. Sampai mama dan papa saya bilang saya itu harus bersyukur karena teknologi zaman sekarang udah canggih bangett dan tidak kaya zaman dulu semuanya ga ada semacam internet gitu. Dan zaman dulu semuanya serba ribett ga kaya sekarang.,… J

0 komentar:

Posting Komentar