Selasa, 09 Maret 2010

Vegetarian


Sekarang ini manusia di Indonesia sudah tak asing lagi mendengar dengan kata makanan. Apalagi sudah banyak sekali jenis-jenis makanan yang enak dan lezat jualan di berbagai-bagai mall samapai pinggir jalan,, tapi manuasia tidak menyadari jika makanan –makanan yang dipilih akan menimbulkan resiko terhadapnya. Apalagi makanan jungfood, makanan siap saji dan makanan yang berbau-bau bahan-bahan kimia pun sudah banyak beredar di Negara ini. Semua itu bisa menimbulkan berbagai penyakit di dalam tubuh kita.
Tetapi ada juga manusia yang lebih memilih untuk vegetarian. Karena vegetarian lebih banyak manfaatnya di banding no vegeatarian. Nabatiwan atau vegetarian adalah sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging, unggas, ikan atau hasil olahannya.
Istilah 'vegetarian' diciptakan pada tahun 1847. Pertama kali digunakan secara formal pada tanggal 30 September tahun itu oleh Joseph Brotherton dan lain-lain, di Northwood Villa, Kent, Inggris. Saat itu adalah pertemuan pengukuhan dari Vegetarian Society Inggris.
Kata ini berasal dari bahasa Latin vegetus, yang berarti keseluruhan, sehat, segar, hidup; (jangan dihubungkan dengan 'vegetable-arian' - mitos manusia yang diimajinasikan hidup seluruhnya dari sayur-sayuran tetapi tanpa kacang, buah, biji-bijian, dan sebagainya)
Sebelum tahun 1847, mereka yang tidak makan daging secara umum dikenal sebagai 'Pythagorean' atau mengikuti 'Sistem Pythagorean', sesuai dengan Pythagoras 'vegetarian' dari Yunani kuno.
Definisi asli dari 'vegetarian' adalah dengan atau tanpa telur dan hasil ternak perah, dan definisi ini masih digunakan oleh Vegetarian Society hingga sekarang. Bagaimanapun juga, kebanyakan nabatiwan di India tidak memasukkan telur ke dalam diet mereka, seperti juga mereka dari tanah Mediterania klasik, sebagai contoh Pythagoras.
Di Indonesia secara tradisional suku bangsa Jawa tidak terlalu banyak mengkonsumsi daging dan gemar mengkonsumsi tahu dan tempe dalam menu mereka sehingga dapat dikatakan menjalankan diet semi vegetarian.
Ditengarai orang Yogyakarta memiliki tingkat harapan hidup yang tertinggi di Indonesia karena banyak mengkonsumsi makanan berbahan dasar kedelai tersebut.
Jika anda ingin vegetarian jenis makanan yang harus dipilih seperti ini





Selamat mencoba untuk hidup lebih sehat dan manjaga tubuh dengan baik… :)

0 komentar:

Posting Komentar