Sabtu, 03 April 2010

E-Commerce


   Di internet sekarang ini orang-orang bisa melakukan apa aja. Ada orang yang berbisnis melalui internet pun sudah banyak sekali di lakukan dan untuk menjual suatu barang pun juga bisa dilakukan di internet.  Cara semacam itu biasanya dikenala dengan nama e-commerce. Perdagangan elektronik atau e-dagang atau e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Factor Kunci Sukses pada e-commerce
Sekarang ini sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan


Berikut ini contoh e-commerce  yang dilakukan di internet

VirtueMart adalah modul tambahan dari Joomla yang ditujukan buat jualan online. VirtueMart melengkapi Joomla sebagai salah satu sistem CMS (Content Management System) yang populer di negeri ini dengan modul eCommerce. Joomla telah dipakai banyak organisasi untuk berbagai keperluan, termasuk menjalankan situs perusahaan, instansi, ataupun perorangan. VirtueMart memenuhi kebutuhan perusahaan, instansi, maupun perorangan yang ingin menambah fitur situs Joomla-nya buat berjualan online. Salah satu benefit menggunakan VirtueMart adalah integrasinya yang bagus dengan fitur CMS yang disediakan oleh Joomla. Jika Anda ingin mengintegrasikan fitur CMS dan eCommerce dalam satu situs yang sama, maka kombinasi Joomla dan VirtueMart adalah jawaban yang tepat.
VirtueMart juga mengikuti sifat modular dari Joomla. Kita bisa menempatkan informasi tertentu dalam area yang kita sukai. Misalnya kita ingin menempatkan daftar produk terlaris di area kiri layar, yang kita lakukan hanyalah mengkonfigurasi modul produk terlaris agar tampil dalam area kiri, dengan urutan dari atas ke bawah yang bisa kita atur.
Dengan fitur standard eCommerce yang lengkap, VirtueMart cukup bagus untuk menjalankan sebuah toko online yang digabungkan dengan fitur CMS Joomla. Kalaupun sedikit kompleks pada awalnya, namun apabila kita sudah terbiasa memahami Joomla, memahami VirtueMart juga menjadi mudah.

Referensi:

0 komentar:

Posting Komentar